Minggu, 30 September 2012

INTRODUCE LDK SUBULUSSALAM


DEFINISI LDK SUBULUSSALAM
LDK Subulussalam singkatan dari Lembaga Da’wah Kampus Subulussalam. LDK Subulussalam merupakan organisasi kemahasiswaan intra Universitas/UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang merupakan kelengkapan non struktural Unsub yang bergerak dibidang kerohanian dan bertujuan membentuk pribadi yang kaffah (menyeluruh) dalam mewujudkan tatanan masyarakat kampus yang Islami.
LDK Subulussalam juga merupakan organisasi otonom yang dalam operasionalnya dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di dalam dan luar  kampus Unsub.

FUNGSI LDK SUBULUSSALAM
UKM LDK Subulussalam berfungsi sebagai organisasi dakwah yang mensyi’arkan Islam di kampus dan ta’mirul Masjid.

SEJARAH SINGKAT LDK SUBULUSSALAM
Awal Pendirian
Berawal dari kekhawatiran sekelompok mahasiswa tingkat 1 (Tahun Ajaran 2008 – 2009) akan kondisi Universitas Subang yang jauh dari sentuhan nilai – nilai islami, belum adanya wadah khusus intra Universitas yang berkonsentrasi dalam pembinaan mahasiswa muslim yang dapat menampung aspirasi para mahasiswa yang memiliki perhatian besar dalam kerohanian (Islam), banyaknya mahasiswa muslim yang belum tergarap dan pengaruh globalisasi (dalam hal negativ) yang semakin marak serta memiliki pengaruh besar dalam perkembangan generasi muda. Atas dasar – dasar itulah, maka para perintis yang hanya berjumlah 9 orang memutuskan untuk menghimpun diri dan mendirikan sebuah wadah yang diberi nama “LEMBAGA DAKWAH KAMPUS SUBULUSSALAM UNIVERSITAS SUBANG”, kata SUBULUSSALAM itu sendiri diambil dari nama Masjid Universitas Subang karena pada saat itu kami berfikir bahwa masjid ini lah yang akan menjadi tempat awal bergeraknya LDK ini.
LDK Subulussalam didirikan pada tanggal 5 Agustus 2009 M/ 13 Sya’ban 1430 H. Masjid Agung Subang merupakan tempat awal untuk merumuskan pendirian LDK Subulussalam dan merupakan saksi bisu didirikannya LDK Subulussalam Universitas Subang karena pada saat itu lembaga ini masih ilegal dan belum mendapatkan pengakuan resmi dari birokrasi, oleh sebab itulah LDK belum berani menunjukkan keberadaan dan memulai kiprah da’wahnya di kampus pada saat itu.
Namun, berkat bantuan dan dukungan Birokrasi, BEM Universitas, GEMA PENA KOMSAT UPI, PERMAIS FE UNPAD, UKDM UPI dan FSLDK akhirnya LDK Subulussalam UNSUB resmi diakui kelegalannya oleh Universitas Subang.
Organisasi ini pun sangat menjadi sorotan oleh birokrasi saat itu, karena organisasi ini berhasil didirikan oleh mahasiswa tingkat satu yang saat itu sama sekali belum menjadi aktivis kampus, dan  saat itu birokrasi pun menaruh harapan besar pada LDK Subulussalam sebagai titik tolak perubahan di kampus tercinta ini. Alhamdulillah setelah 1 tahun berkiprah, LDK Subulussalam pun mendapatkan perhargaan sebagai UKM terbaik di Universitas Subang dalam acara Malam Anugrah yang diadakan oleh BEM Universitas Subang.

0 komentar:

Posting Komentar